Sabtu, 25 November 2017

Manfaat Gula Aren

Lagi-lagi gebrakan baru.... Ya susu kambing Naga SP tidak pernah berhenti untuk memberikan alternatif solusi kesehatan alami bagi konsumennya. Setelah membuat varian susu kambing habbatussauda kini Naga SP mengeluarkan varian baru yaitu susu kambing gula aren.

Gula aren yang berfungsi sebagai pemanis ternyata mempunyai banyak kandungan makro maupun mikronutrien. Kandungan mikronutrien yang ada di dalamnya seperti dari sumber S. Natarajan M.Sc , Palm Sugar, Tamil Nadu India 2006 antara lain:
  • Thiamin ( Vitamin B1)
  • Riboflavin (Vitamin B2)
  • Nicotonic Acid (Vitamin B3)
  • Pyridoksin (Vitamin B6)
  • Cyanocobalamin (Vitamin B12)
  • Ascorbic Acid (Vitamin C)
Sebagaimana yang telah diketahui fungsi kandungan tersebut yaitu:

Thiamin ( Vitamin B1)
Sebagai Zat penting untuk pertumbuhan . zat ini menambah nafsu makan dan penting untuk pencernaan, khususnya terhadap makanan yang mengandung karbohidrat. Thiamin sangat berguna untuk menormalkan fungsi jaringan syaraf, dan menjaga otot-otot (termasuk otot jantung) untuk berfungsi secara normal. Zat ini membantu memerangi penularan penyakit, dan didapati berguna untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi.

Kekurangan zat ini mengakibatkan kehilangan nafsu makan, penyakit pencernaan, sindrom iritasi isi perut, sembelit dan diarhoea. Selain itu dapat menyebabkan berbagai type penyakit syaraf dan berkurangnya koordinasi kekuatan pada otot, disamping cepat merasa lelah dan lemah. Kekurangan thiamin juga dapat menyebabkan beri-beri, yang gejala awalnya mencakup: kelelahan, ingatan yang memburuk, tidur yang sering terganggu, hilangnya nafsu makan, sembelit dan rasa tidak enak pada perut.

Riboflavin (Vitamin B2)
Vitamin B2 bermanfaat dalam perannya untuk menghasilkan energi dan nutrisi. Peran vitamin B2 adalah sebagai koenzim seperti halnya vitamin B1. Riboflavin berperan pada tahap akhir dari metabolisme energi nutrisi tersebut. Gejala dan tanda kekurangan vitamin B2 (Riboflavin) menyebabkan kepekaan terhadap cahaya berkurang, sudut bibir pecah-pecah, muncul gangguan kulit di sekitar hidung dan bibir.

Nicotonic Acid (Vitamin B3)
Vitamin B3 atau Niacin berfungsi dalam aktivitas metabolisme glukosa, lemak dan alkohol. Peran vitamin B3 adalah membentuk dua koenzim yaitu NAD dan NADP yang dibutuhkan untuk metabolisme, glukosa, lemak dan alkohol. Selain itu vitamin B3 membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan. Gejala dan tanda kekurangan vitamin B3 adalah kulit gampang rusak, lidah jadi licin, mudah terserang diare, jadi temperamental (mudah marah), atau sering bingung.

Pyridoksin (Vitamin B6)Vitamin B6 berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak. Vitamin B6 membantu tubuh untuk mensintesis asam amino nonesensial. Selain itu juga berperan dalam produksi sel darah merah. Gejala dan tanda kekurangan vitamin B6 pada orang dewasa meliputi dermatitis, kerusakan saraf (neuropati) dan kebingungan. Gejala lainnya berupa kemerahan yang terbuka pada lidah, sudut mulut yang pecah – pecah, mati rasa dan rasa tertusuk jarum di tangan dan di kaki.
cyanocobalamin (Vitamin B12)
Manfaat dan fungsi dari vitamin B12 atau kobalamin adalah memelihara dan melindungi lapisan yang mengelilingi saraf dan mendorong pertumbuhannya secara normal. Selain itu juga berperan dalam aktifitas dan metabolisme sel-sel tulang. Vitamin B12 juga dibutuhkan untuk melepaskan folat, sehingga dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah. Gejala dan tanda kekurangan vitamin B12 meliputi gangguan sistem saraf, menurunkan daya ingat, mudah bingung dan murung, gampang mengalami delusi (berkhayal), lelah, hilang keseimbangan, refleks menurun, mati rasa, menimbulkan gangguan pendengaran, menyebabkan gejala anemia yang meliputi kelelahan, hilang nafsu makan, diare, menimbulkan gangguan pembentukan sel saraf, mengakibatkan kerusakan sistem saraf.

Ascorbic Acid (Vitamin C)
Vitamin C sering disebut sebagai rajanya vitamin, Itu karena vitamin C memang memiliki banyak manfaat. Selain bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat vitamin bagi kesehatan kita.

Yang jelas manfaat gula aren yang ada didalamnya sudah ada dalam susu kambing bubuk gula aren varian terbaru susu kambing Naga SP. Soal rasa tidak diragukan lagi..... mau coba...? Silahkan pesan di sini..

1 komentar:

Dewi TLL mengatakan...

Banyak seklai manfaat gula aren, apalagi dicampur dengan susu kambing ini.