Sabtu, 25 November 2017

Susu kambing bubuk atau segar

Susu kambing makin hari makin banyak pengkonsumsinya. Seiring dengan informasi yang sampai pada masyarakat lebih gencar melalui tayangan elektronik ataupun media lainnya.

Namun ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan para pencari khasiat susu kambing ini yaitu mana yang lebih baik antara susu kambing segar dan susu kambing bubuk. Melihat dari bentuk dan kemasan masing-masing jenis produk susu rumansia ini tentu ada keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Susu dalam bentuk bubuk memang paling praktis dalam penyimpanan, tetapi susu bubuk sudah memlalui pemrosesan yang lama sehingga dari sisi nutrisi akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan susu kambing yang masih dalah keadaan segar atau beku (frozen). Belum lagi penambahan gula sebagai pengikat dan pengawet sekaligus tampaknya harus menjadi pertimbangan bagi penderita gula akut. Meskipun begitu daya tahan penyimpanannya cukup lama yaitu sekitar 6 hingga 10 bulan dalam suhu ruang.

Susu kambing segar yang dibekukan tampaknya memang menjadi pilihan jika kita ingin mendapatkan gizi yang masih lengkap dari kandungan yang ada dalamnya. Namun kelemahannya adalah susu kambing segar tidak tahan disimpan dalam suhu ruang. Jadi harus disimpan dalam freezer supaya tahan hingga 2 bulan dan bisa bertahan 4 s/d 5 hari di dalam lemari pendingin. Kalau memang susu kambing itu dikonsumsi setiap hari rasanya dalam bentuk segar bisa menjadi pilihan. Tipsnya adalah pilih kemasan yang tidak terlalu besar. Maksimal 500ml atau 250 ml (kemasan sekali minum habis). Dengan demikian tetap saja terjaga kesegarannya karena masih didalam batasan waktu lama penyimpanan.

Sekedar mengingatkan jumlah pengkonsumsian susu kambing segar adalah 150ml s/d 250ml. Kisaran angka tersebut sangat tergantung dari pola makanan yang dikonsumsi oleh penggunanya. Misalnya kalau porsi makannya normal dengan kandungan gizi seimbang maka takaran 150ml sudah mencukupi. Tetapi bila porsi makannya jauh dari kebutuhan tubuh, bisa jadi selera makan berkurang karena sakit dan sebagainya maka takaran 250ml sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan tubuh tersebut.

Sebenarnya banyak alternatif bentuk lainnya selain dalam bentuk segar dan bubuk yaitu dari jenis olahan seperti yogurt, kefir, getah bening (Whey) dan lain-lainya yang semuanya berbasis dari bahan susu kambing segar.

Nah sekarang tinggal anda yang bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Yang jelas susu kambing memang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan susu sapi ataupun susu kuda.

Penulis: Team Naga SP

1 komentar:

JIP mengatakan...

Susu kambing segar bisa tahan 2 bulan dalam penyimpanan freezer dan 3 hari dalam kulkas.